Kamis, 04 Januari 2018

Pendahuluan Mengenal HTML

Pendahuluan Mengenal HTML (Hyper Text Markup Language) adalah tahap untuk mengenal apa itu HTML dan HTML5. Dalam materi ini akan membahas tentang cara memulai belajar dan mengenal apa itu HTML, dan digunakan untuk apa saja.

Pendahuluan Mengenal HTML
https://www.youtube.com/watch?v=kXjF0-yCmpk


HTML adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuat website yang setiap saat kita kunjungi dan lihat di internet. HTML merupakan bahasa inti untuk membuat konten atau tampilan website yang dapat di lihat oleh siapapun dan digunakan di platform manapun.
Jika di pahami secara akronim dari kata HTML ini terdapat banyak sekali hal penting yang dapat kita pahami dan pelajari. HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language. Dapat kita analisa dan artikan dari singkatan kata tersebut menjadi


  • Hyper Text adalah teks yang di tampilkan dalam komputer atau perangkat lainnya yang digunakan untuk mengakses teks lainnya melalui link, yakni Hyper Text tersebut. Biasa kita sebut sebagai "hyperlink". Dengan ini kita dapat melakukan klik pada teks dan menuju ke halaman-halaman lainnya setelah kita mengklik teks atau hyperlink tersebut.
  • Markup Language atau bahasa markup merupakan bahasa yang berbeda dengan bahasa pemrograman. Karena bahasa markup hanya untuk menampilkan teks mentah di dalam komputer atau browser. Sedangkan markup disini digunakan untuk menandai teks yang ditampilkan. Misalnya sebuah judul dalam suatu halaman website kita markup atau tandai dengan tanda
    <h1>Pendahuluan Mengenal HTML</h1>
    Maka contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa dalam setiap penulisan teks di suatu website harus ditandai secara teratur dan terstruktur.
Setelah memahami makna dari kata HTML secara menyeluruh. Disini akan kita lanjutkan untuk mengenal kode atau markup sederhana yang umum digunakan dalam sebuah halaman website.
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title>Mengenal HTML</title>
</head>
<body>
 <h1>Mengenal HTML</h1>
 <p>HTML adalah Hyper Text Markup Language</p>
</body>
</html>

Pembahasan Skrip HTML di Atas

<!DOCTYPE html> untuk memberitahu browser bahwa ini atau skrip ini adalah HTML versi 5.
<html> adalah elemen utama dalam sebuah halaman HTML.
<head> adalah elemen yang di dalamnya terdapat judul untuk halaman, dan juga sering terdapat meta informasi dari halaman HTML tersebut.
<title> adalah elemen untuk mendeklarasikan judul dari dokumen HTML.
<body> adalah elemen untuk konten, semua elemen yang ada di dalam elemen ini adalah yang akan di tampilkan di browser nantinya.
<h1> adalah elemen untuk mendefinisikan judul terbesar atau judul pertama.
<p> adalah elemen untuk mendefinisikan bahwa konten ini adalah sebuah paragraf.

Dapat kita perhatikan disini, dalam setiap penulisan tag atau elemen, akan di awali dengan nama elemen dan juga di akhiri dengan nama elemen yang di definisikan di pertama. misalnya <h2> maka akan di akhiri oleh </h2>. disini bedanya, untuk menutup kita tambahkan simbol slash di akhir.

Nah itu adalah penjelasan singkat mengenai pengertian HTML dan juga memahami dan memahami contoh sederhana skrip HTML.
Disqus Comments